Kamis, 01 Desember 2011

Konsumen Masih Was-was Harga Pangan Naik Lagi

Jakarta - Sebagian besar konsumen masih was-was terjadi kenaikan harga pangan selama bulan November. Namun jumlah konsumen yang was-was itu lebih rendah dibandingkan bulan sebelumnya.

Survei menunjukkan, sekitar 57,8% konsumen yang disurvei pada bulan November masih merasa khawatir terhadap kenaikan harga pangan. Angka itu turun dari 67,1% pada survei bulan sebelumnya.

"Penurunan ini dilatarbelakangi oleh tekanan inflasi yang memang semakin terkendali akhir-akhir ini," demikian survei dari Danareksa Research Institute (DRI) yang dirilis, Rabu (30/11/2011).

Seiring berkurangnya jumlah konsumen yang khawatir terhadap kenaikan harga pangan, indeks Kepercayaan Konsumen (IKK) selama November ikut naik 2% menjadi 91,4, yang merupakan level tertinggi dalam 5 bulan terakhir.

"Menguatnya kepercayaan konsumen ini didorong oleh penilaian konsumen yang semakin baik terhadap keadaan ekonomi dan keadaan lapangan kerja saat ini. Hal ini menunjukkan proses ekspansi yang terjadi di perekonomian kita belum terganggu oleh gejolak yang terjadi di perekonomian global," jelas hasil survei tersebut.

Survei pada bulan November juga menunjukkan, konsumen secara keseluruhan merasa yakin tekanan inflasi akan menurun dalam enam bulan mendatang. Indeks yang mengukur sentimen konsumen terhadap inflasi turun sebesar 1,5% dari 186,3 menjadi 183,6 pada November.

Menurut survei pada November, sebanyak 86,5% konsumen yang disurvei masih merasa yakin harga barang akan meningkat dalam enam bulan mendatang, namun turun dari 87,7% pada Oktober. Sementara itu, sekitar 11,9% konsumen merasa yakin bahwa harga barang akan tetap sama dalam enam bulan ke depan dan 2,9% merasa yakin bahwa harga barang akan turun.

Dari kedua komponen utama yang membentuk IKK di Nopember, hanya komponen yang menunjukkan keadaan saat ini, Indeks Situasi Sekarang (ISS), yang meningkat. Indeks tersebut naik sebesar 5,7% menjadi 75,7 karena penilaian konsumen terhadap keadaan ekonomi lokal maupun nasional saat ini, begitu juga terhadap keadaan lapangan kerja saat ini, meningkat.

Sebaliknya, komponen IKK lainnya yang menunjukkan keadaan masa depan, Indeks Ekspektasi (IE), tetap berada di 103,2. Hal ini menunjukkan bahwa masyarakat masih merasa optimistis terhadap prospek ekonomi secara keseluruhan dalam enam bulan mendatang.

Sumber : http://finance.detik.com/read/2011/11/30/151950/1779248/4/konsumen-masih-was-was-harga-pangan-naik-lagi?fsubbs4

Tidak ada komentar:

Posting Komentar